Sunday, January 20, 2013

Kamus Istilah Teknologi Informasi 1


Perkembangan teknologi informasi tidak akan ada habisnya. Hal ini mendorong setiap individu untuk bisa menyesuaikan kamajuan tersebut dengan penuh pertimbangan dan selektif tentunya. Karena tidak semua manfaat yang kita peroleh bersifat positif. Penyeleksian tersebut dapat kita lakukan diantaranya dengan lebih mengetahui manfaat apa yang ada di balik teknologi informasi tertentu. Sedikit pengetahuan tentamg teknologi informasi pun diperlukan guna mengantisipasi dampak negatif yang mungkin timbul.

Terkait pengetahuan teknologi informasi yang sangat berperan sebagai pedoman dalam pemanfaatkannya, mungkin beberapa istilah teknologi informasi di bawah ini dapat membantu teman-teman dalam memperluas pengetahuan teknologi teman-teman.

Berikut istilah teknologi informasi beserta definisi / pengertiannya :


1G, adalah telepon berbasis teknologi AMPS yang bersifat Analog (hanya menghantarkan gelombang suara).

2G, adalah telepon  genggam berbasis teknologi GSM dan CDMA. Selain suara, pengiriman pesan melalui SMS, pembicaraan bersama (conference call) dan juga penanganan nomor telepon (caller ID) yang lebih baik.

2.5G, adalah fitur kemampuan telepon genggam 2G ditambah dengan kemampuan membaca GPRS dan EDGE, sehingga pesan yang disampaikan sudah pada tingkatan pengiriman pesan multimedia baik audio maupun video klip.

3G, adalah telepon genggam berbasis teknologi yang mampu menerima streaming audio dan video secara penuh, selain itu aplikasi game 3 dimensi dan browsing web dapat dilakukan dengan lebih cepat.

4G, adalah telepon genggam masa depan berbasis teknologi WiMax yang masih dikembangkan karena lebih mengesankan dengan kualitas streaming audio dan video yang sangat tinggi (Hologram).

3D, adalah obyek-obyek grafis yang  menampilkan secara visual tiga dimensi panjang lebar dan kedalaman sehingga seolahi tampak nyata seperti kehidupan sehari-hari.


ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines), adalah teknologi modulasi yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi melalui fasilitas layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokalperusahaan karena perangkat ADSL mampu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

Analog, adalah gelombang elektromagnetik yang berkesinambungan, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media seperti televisi dan radio dengan jangkauan jauh lebih besar daripada sinyal digital.

Animasi, adalah gambar berseri dan apabila diurutkan dan digabungkan akan membentuk gambar yang bergerak. Untuk setiap gerakan dikemas dalam satuan frame yang apabila keseluruhan frame digabungkan menjadi satu film berdurasi.

ARPANET, adalah jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari internet.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange), adalah standar pengkodean karakter yang menjadi standar pengkodean internasional untuk setiap komputer di dunia.

Attachment, adalah fasilitas untuk melakukan pengiriman file (dokumen teks, gambar, dll.) yang menyertai pengiriman e-mail yang akan dikirim.

Backbone, adalah saluran utama (tulang punggung) penghubung antar network pada suatu daerah/area yang jaraknya saling berjauhan.

Bandwidth, adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antarkomputer pada jaringan atau internet.

Bar Code, adalah karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.

Beta, dalam dunia pemrograman software adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang masih berstatus Beta dimungkinkan masih memiliki “bug” didalamnya (belum sempurna).

Binary, adalah sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status on dan off.

Istilah teknologi informasi lainnya Insya Allah akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

1 comments:

SEO Tips said...

wah, keren nih... thanks sob atas kamusnya

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons