Sunday, September 30, 2012

Pengertian Web


Perkembangan dunia teknologi informasi dan dunia internet telah melahirkan beragam fasilitas yang sangat bermanfaat bagi manusia atau pengguna internet, salah satunya adalah web yang merupakan bagian terpenting dari internet. Pengertian web yaitu suatu media penyebaran informasi melalui internet. Dewasa ini, fasilitas web memberikan izin kepada pengakses untuk melakukan akses dalam berinteraksi melalui foto, teks, video, suara, animasi serta grafik. Web secara fisik adalah kumpulan komputer pribadi, web browser, koneksi ke ISP, komputer server, router dan switch yang dimanfaatkan untuk mengalirkan informasi yang kemudian akan menjadi wahana pertama bagi berbagai pihak terkait.

Dalam perkembangannya web terbagi atas beberapa jenis, berikut pengertian web secara terperinci yaitu :



  1. Web Search Engine, adalah web yang memberikan fasilitas untuk melakukan pencarian beragam dokumen berdasarkan kata kunci tertentu yang diinginkan pengakses. Contoh Web Search Engine adalah Google Search dan Yahoo!Search.
  2. Web Portal, adalah web yang berisi kumpulan link, search engine, dan informasi. Sebagai contohnya adalah Yahoo! Dan America Online (AOL).
  3. Web Perusahaan, adalah web yang berisi deskripsi dari perusahaan, seperti profil, alamat, jenis perusahaan, produk, fasilitas, dan segala hal yang berhubungan dengan perusahaan terkait. Contohnya adalah Nokia, Indosat, Panasonic, dll.
  4. Web Pribadi, adalah web yang berisi profil pribadi dari pemilik web.

Keempat macam web tersebut telah memberikan kontribusi penting dalam kehidupan internet, apalagi di jaman yang telah dipengaruhi oleh teknologi informasi. Pengertian web yang mana merupakan sarana berbagi informasi kepada khalayak umum berbasis online menunjukkan luasnya manfaat yang dihadirkan dibalik kemunculan web. Keberadaan web  senantiasa memberikan fasilitas kepada pengguna mulai dari kemudahan berkomunikasi antar negara hingga media untuk memperoleh beragam informasi secara gratis maupun berbayar.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons