Jumat, 02 Agustus 2013

Perbedaan Jaringan LAN, MAN, WAN

Perbedaan Jaringan LAN, MAN, WAN - Jika Anda bekerja dengan komputer yang tidak berhubungan dengan komputer lain, maka Anda dikatakan bekerja secara Stand Alone. Jika komputer Anda berhubungan komputer dan peralatan lain, atau membentuk suatu grup, maka bentuk hubungan ini diistilahkan dengan jaringan atau network. Komputer dapat saling berhubungan dan mengatur sumber data yang ada karena adanya sistem jaringan (Networking).

Artikel Teknologi Komputer
 
Jaringan komputer digolongkan dalam dua kelompok utama. Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer sampai ratusan komputer di perkantoran atau gedung disebut Local Area Network (LAN). LAN merupakan suatu jaringan komputer yang cukup banyak di pakai dalam perkantoran, perusahaan modern, atau bank dan kampus karena pada LAN hubungan yang dipakai tidak dapat jauh. Jika anda ingin menggunakan jaringan untuk jarak jauh, maka sistem WAN (Wide Area Network) solusinya. LAN yang terpisah dapat dihubungkan dengan menggunakan jalur komunikasi tertentu, misalnya jalur telepon, sehingga terbentuk jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN).

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Keuntungan LAN:
  • Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah
  • Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing)
  • File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client
  • Proses backup data lebih mudah dan cepat
  • Komunikasi dapat melalui email dan chat
  • Bila salah satu client/ server terhubung ke jaringan internet, maka komputer yang terhubung pada jaringan LAN dapat ikut mengaksesnya

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Keuntungan WAN:

  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang
  • Dokumen/ file dapat dikirimkan melalui email atau transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang cepat

Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Lalu apa perbedaannya dengan intranet? Simak di Perbedaan Internet dengan Intranet.

Itulah sedikit informasi dari Artikel Teknologi Komputer mengenai perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons