Sunday, August 4, 2013

Pengertian Jaringan Komputer dan Tujuannya

Artikel teknologi Komputer - Beragam teknologi canggih terus bermunculan dan mengalami perkembangan dalam jeda waktu yang tidak jauh. Dalam sebulan bahkan kurang, perusahaan-perusahaan teknologi di seluruh dunia berlomba-lomba menciptakan produk baru dengan kualitas yang saling bersaing. Hal ini menjadikan pola kehidupan masyarakat dunia berangsur-angsur mengalami perubahan dari pola tradisional beralih ke pola modern berbasis teknologi.

Artikel Teknologi Komputer

Salah satu teknologi yang terus mengalami perkembangan secara signifikan yaitu komputer. Komputer menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat dunia baik untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan bersama dalam sebuah instansi. Pada komputer yang digunakan pada sebuah instansi atau perusahaan dikenal adanya hubungan antar keomputer sehingga terbentuklah sebuah jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya yang menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi.

Jaringan komputer menjadi penting bagi personal maupun organisasi karena jaringan komputer mempunyai tujuan yang menguntungkan bagi mereka.

Adapun manfaatnya dapat Anda baca di manfaat jaringan komputer.

Tujuan jaringan komputer adalah untuk:
  1. Resource sharing/ berbagi sesumber: seluruh program, peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai. Misalnya: Staff BIRO Akademik mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print out dengan langsung mencetaknya di printer perpustakaan dari komputer di BIRO akademik. Atau sebaliknya staff perpustakaan mendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staff BIRO akademik.
  2. High reliability/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan. Misalnya pada aplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesin tidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karena mesin lain mempunyai sumber yang sama.
  3. Menghemat uang: membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client. Bentuk ini disebut Client-server.
  4. Scalability/ skalabilitas: meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu.Medium komunikasi: memungkinkan kerjasama antar orang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi.
  5. Akses informasi luas: dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh.
  6. Komunikasi orang-ke-orang: digunakan untuk berkomunikasi dari satuorang ke orang yang lain.
  7. Hiburan interaktif
Dalam pengenalan jaringan komputer, pembahasan dilihat dari dua aspek:
Perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam perangkat keras pengenalan meliputi jenis transmisi, dan bentuk-bentuk jaringan komputer atau topologi. Sedangkan dalam pembahasan perangkat lunaknya akan meliputi susunan protokol dan perjalanan data dari satu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

Itulah sedikit uraian mengenai pengertian jaringan komputer dan tujuannya.

1 comments:

obyektif-magazine said...

Salam kenal, Senang bisa berkunjung disini, banyak manfaatnya, menambah pengetahuan. Saya tunggu kunjungan baliknya di http://OBYEKTIF.COM/. terima kasih.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
obyektif.com

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons