Thursday, September 12, 2013

Manfaat Jaringan Komputer

Artikel Teknologi Komputer - Apa saja manfaat jaringan komputer? mari kita simak bahasan berikut ini.

Artikel Teknologi Komputer

Di bawah ini adalah manfaat jaringan komputer yang dapat kita rasakan :

Reliabilitas tinggi, adanya jaringan komputer yang terintegrasi maka kita akan memiliki sumber-sumber cadangan persediaan. Misal : Sebuah file dapat dicopy atau disalin pada lebih dari satu komputer yang telah terkoneksi jaringan. Apabila satu komputer rusak, maka komputer lain masih memiliki file sebagai cadangan.

Resource sharing, dapat mendekatkan yang jauh. Suatu jaringan komputer sangat bermanfaat apabila seseorang di suatu tempat menginginkan data dari komputer yang berada sangat jauh darinya. Jaringan menjadi solusi untuk memudahkan proses pengambilan data tersebut.

Menghemat uang, seperti yang kita ketahui bahwa komputer yang berukuran kecil memiliki rasio harga/kinerja yang lebih baik daripada komputer berukuran besar. Namun komputer besar seperti mainframe mempunyai kecepatan sekitar sepuluh kali lebih cepat dibandingkan komputer pribadi yang berukuran kecil. Alhasil para perancang sistem berusaha membangun sistem yang terdiri atas kumpulan komputer-komputer kecil/pribadi untuk menyelaraskan rasio kinerja/harga agar lebih hemat dan berkualitas. hal inilah yang disebut jaringan komputer.

Jaringan komputer (computer network) adalah hubungan antara dua komputer atau lebih yang trintegrasi yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan kegiatan berbagi perangkat lunak, perangkat keras, dan percepatan pemrosesan sebuah data.


Di bawah ini adalah manfaat jaringan komputer dari segi pertukaran data maupun perangkatnya :

a. Berbagi perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive,dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Piranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.

b. Berbagi program atau data
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Pemakai komputer dapat mengirim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berkomunikasi secara lansung melalui tulisan ( chating ).

d. Memudahkan pengaksesan imformasi
Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

Jadi, dengan Jaringan Komputer, bisa memungkinkan penggunaan satu alat untuk dipakai bersama-sama, seperti contohnya: Printer. Selain itu, dengan Jaringan, data dari satu komputer bisa dengan mudah diakses oleh komputer lain.

Hasilnya, Jaringan Komputer membuat bisnis dan segala macam kegiatan berbasis teknologi menjadi lebih murah, lebih sedikit perangkat, dan lebih efisien.

Demikian sedikit ilmu mengenai manfaat jaringan komputer dari blog Artikel Teknologi komputer. Semoga bermanfaat. ^_^

1 comments:

Mobile App Developers said...

Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons