Saturday, September 8, 2012

Perbedaan Internet dengan Intranet

Teknologi Informasi – Apakah teman-teman mengetahui perbedaan antara internet dengan intranet? Tentu belum banyak yang tahu (termasuk saya ^_^ ). Hal ini sangatlah penting diketahui oleh orang-orang IT, karena merupakan salah satu pengetahuan dasar dalam bidang kejuruan mereka. Namun hal ini tidak dapat dijadikan alasan bagi masyarakat awam untuk tidak mengetahui apa yang membedakan antara internet dan intranet.



Internet merupakan hubungan antara perangkat komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, dan lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking. Pengertian internet juga dapa teman-teman lihat pada postingan Memahami Pengertian Internet.

Dalam internet, digunakan protokol berupa TCP/IP untuk mengatur komunikasi dan integrasi. Keduanya (TCP dan IP) memiliki fungsi umum antara lain : mengirimkan dan mengatur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute terbaik dalam proses transmisi data bahkan memberikan rute alternatif apabila ada rute yang tidak dapat digunakan. Sedangkan fungsi khusus antara keduanya yaitu TCP (Transmission Control Protocol) memiliki fungsi untuk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dengan benar dan IP (Internet Protocol) memiliki fungsi mentransmisikan data antar komputer.

Adanya internet, beragam manfaat dapat dirasakan. Proses komunikasi yang mudah diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yang cepat tanpa memakan waktu lama, dapat menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yang semakin menjamur. Serta berbagai alternatif canggih yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, untuk menikmati beragam fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, diperlukan media penyedia layanan internet yang biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia adalah Telkomnet Instan dari Telkom, teman-teman dapat berlangganan di penyedia ISP tersebut.





Pengertian intranet hampir sama dengan pengertian internet, yaitu suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, namun intranet biasa digunakan di dalam kegiatan internal perusahaan. Intranet dapat diartikan sebuah “jaringan internet pribadi” atau dengan kata lain intranet merupakan internet yang dimiliki dalam sebuah organisasi.  Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, serta klien dan juga server. Komponen protokol yang sering digunakan adalah Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP).

Antar intranet dapat saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dalam satu jaringan intranet. Intranet dapat dikeluarkan ke publik jika suatu organisasi menghendakinya. Hal ini disebut ekstranet, dimana ekstranet merupakan kegiatan mengekspose sebagian dari jaringan komputer intranet suatu organisasi ke luar organisasinya, sehingga dapat diakses oleh publik secara luas. Sebagai contoh. Ketika seseorang membeli e-book dari suatu e-toko, maka orang tersebut telah mengakses sebagian intranet dari e-toko tersebut. Organisasi yang menghendaki ekstranet, dapat melakukan kontrol pengaksesan terhadap jaringan intranet mereka menggunakan firewall. Firewall adalah sebuah piranti lunak / keras yang berfungsi untuk mengatur (me-manage) akses seseorang ke dalam intranet.

Itulah sedikit ilmu dari Teknologi Informasi mengenai perbedaan antara internet dengan intranet.


___________________
go-unique.blogspot.com

18 comments:

achmadfcfd@gmail.com said...

penjelasan yang singkat dan tepat,..
terimakasih,.

Taufiq said...

terima kasih sobat atas kunjungannya :)

Anonymous said...

WOW Like Thiss.... Moga Makin Maju az Blognya Thanks...

Taufiq said...

@Anonim.. Amin gan, thx tas kunjungannya :D

Anonymous said...

wahhh, . , mantab gan , klo ad yang terbaru share gann, . , biar mkin kenal, . ,hhe

Taufiq said...

Makasih banget sahabat atas kunjunganny... ditunggu kunjungannya kembali ^_^

Anonymous said...

thanks

Anonymous said...

maksih yahhhhh...

Unknown said...

Makasih infonya :)

Anonymous said...

mantap infonya>>>>

Anonymous said...

™awa awa bagus sekali tuh infonya:::::::::::<M

intranet komenperin said...

terimakasih atas penjelasan mengenai intranet, sangat bermanfaat dan menambah ilmu buat saya..

Najla Alliya said...

oo ternyata begitu ya. tks kebetula baru tahu nih

rental mobil di malang said...

An interesting dialogue is value comment. I feel that it's best to write more on this topic, it might not be a taboo topic however generally persons are not sufficient to talk on such topics. To the next. Cheers danau ranu kumbolo semeru

Unknown said...

Jawa timur adalah gudangnya destinasi wisata yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah wisata malang batu dan gunung bromo. Anda membutuhkan beberapa hari untuk dapat berkunjung ke semua objek wisata tersebut dan untuk lebih mudahnya Anda bisa memesan paket wisata malang batu bromo 4 hari 3 malam. Penjelasan itinerary lengkap dan fasilitas apa saja yang didapat saat memesan paket wisata city tour malang batu bromo penjelasan lengkap disini.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan kawasan yang banyak memiliki objek wisata populer di mata para wisatawan. Dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, wisata gunung bromo lah yang paling terkenal. Keindahan sunrise di gunung bromo memang selalu membuat orang penasaran untuk berkunjung. Untuk datang kesana anda bisa memesan paket wisata gunung bromo midnight. Info fasilitas lengkap paket wisata bromo midnight dari malang/surabaya baca selengkapnya disini.

Jasa rent car murah di surabaya bisa anda booking melalui online dan cukup dengan menelepon nomor kantor perusahaan penyewaan mobil tersebut. Biasanya untuk booking rent car surabaya tersebut diharuskan membayar Down Payment (DP) sebagai tanda jadi dan juga itu pembuktian kalau anda memang benar-benar ingin menyewa mobil tersebut. Tatacara lengkap untuk booking online rent car harga murah di surabaya baca penjelasan berikut.

Unknown said...

Tempat rental mobil yang ada di kota malang sangatlah banyak dan ada yang memiliki website sendiri dan ada yang tidak. Salah satu perusahaan jasa rental mobil terpecaya di kota malang adalah AKFATRANS yang beralamat di perumahan oma campus sengkaling malang. Jenis mobil yang disewakan sangat beragam, mulai dari avanza, xenia, ertiga, elf dan yang lainnya. Harga sewa mobilnya juga sangat terjangkau. Info selengkapnya tentang rental mobil malang kunjungi website.

Anda tidak perlu khawatir saat datang ke kota jogja untuk suatu keperluan tertentu dan membutuhkan kendaraan roda empat. Anda bisa menggunakan jasa penyedia sewa mobil di jogja, bisa dengan sopir atau tanpa sopir. Kelebihan sewa mobil jogja dengan sopir adalah anda tidak akan tersesat dan sopir tersebut sekaligus menjadi guide selama perjalanan anda saat menggunakan jasa sewa mobil di jogja. Info lengkap jenis-jenis kendaraan yang disewakan di jogja baca selengkapnya disini.

Anda tidak usah bingung tentang alat transportasi di pulau bali untuk mengunjungi wisata disana. Banyak sekali tempat persewaan mobil di bali yang berharga murah dan tarif itu bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia. Rata-rata tarif penyewaan mobil bali berkisar antara 150.000 - 250.0000 rupiah per hari. Anda bisa memesannya di tempat penyewaan mobil di bali. Informasi kontak dan alamat tempat persewaan mobil harga murah di bali tersebut klik penjelasan ini.

Penile Implant Surgery in India said...

Thank you, that was just an awesome post!!!

Essen Ikan Mas Kilo Gebrus said...

terimakasih untuk informasinya.

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons