Friday, September 21, 2012

Perbedaan Hub dan Switch

Teknologi Informasi – Pada postingan kali ini Teknologi Informasi akan berbagi pengetahuan mengenai perbedaan antara Hub dan Switch. Hub merupakan komponen hardware tambahan untuk mendukung akses internet sebagai alat penghubung antarkomputer. Fungsi Hub adalah sebuah alat penerima paket data dari suatu komputer di ujung salah satu topologi star serta menyalin isinya ke seluruh alat atau komputer lain.

Semua jenis komunikasi yang terjadi hanya dilewatkan oleh hub. Hub biasanya digunakan pada sebuah bentuk jaringan yang sederhana yakni LAN (Local Area Networking). Namun, seiring perkembangan teknologi komputer dan internet, penggunaan hub telah tergantikan dengan switch. Switch yang memiliki definisi serupa hub yaitu suatu alat penghubung antarkomputer ini diunggulkan karena mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada hub. Hub dan Switch memiliki kecepatan transfer data hingga 100 Mbps, bahkan kecepatan switch kini telah mencapai 1 Gbps sebagai hasil pengembangan oleh tangan-tangan profesional.






Itulah perbedaan antara Hub dan Switch, keduanya berperan penting dalam menghubungkan jaringan antarkomputer. Perbedaannya adalah kecepatan kedua perangkat tersebut dalam mentransfer data. Apakah teman-teman sudah paham? ^_^



2 comments:

Mangapow | Baca Manga Online said...

terima kasih banyak atas informasi yang menarik ini..
salam sahabat :D

Taufiq Andonesiy said...

Sama2, terima kasih juga atas kunjungannya :)

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons