Saturday, August 25, 2012

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi – Apakah teman-teman sudah mengetahui pengertian teknologi informasi? Sebagian besar manusia hanya sebagai pengguna atau pemakai Teknologi Informasi tanpa mengetahui pengertian ataupun hal-hal penting  yang ada di balik kalimat Teknologi Informasi. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang pengertian teknologi informasi. Teknologi Informasi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang terus berkembang bahkan sangat pesat dalam perkembangannya dibandingkan bidang-bidang yang lain. Teknologi Informasi banyak memberikan warna dalam kehidupan manusia. Dengan teknologi Informasi, manusia dimanjakan dengan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan suatu hal yang telah tersentuh teknologi. Tentang sejarah perkembangannya dapat dilihat pada postingan sejarah teknologi informasi dan komunikasi.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama tentang pengertian teknologi informasi, mari kita kaji sebentar pengertian dari teknologi dan pengertian dari informasi. Teknologi adalah suatu bentuk penyelesaian masalah yang dihadapi oleh manusia melalui pengembangan dan pengaplikasian material, alat, serta mesin dalam proses tertentu. Sedangkan Informasi adalah hasil dari pengaturan, pemrosesan, dan pengorganisasian atas kumpulan data yang terkandung nilai manfaat dan pengetahuan bagi penggunanya (user).

Ada beberapa pengertian teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :



  1. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
  2. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
  3. Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
  4. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
  5. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)

Berdasarkan beberapa pengertian teknologi informasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam melaksanakan tugas-tugas terkait informasi dan berkaitan dengan pemrosesan informal. Teknologi informasi juga dapat diartikan sebagai gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi dimana memiliki kecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Internet dengan beragam perangkat lunak internet dapat menjadi contoh sebagai teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Demikian sedikit pengetahuan tentang pengertian teknologi informasi. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami. 

Salam Teknologi Informasi. ^_^

1 comments:

Unknown said...

Greetings!

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons