Sunday, January 20, 2013

Peranan Teknologi Informasi


Perubahan jaman yang semakin modern memicu perubahan pada sistem kehidupan manusia. Tuntutan hidup dalam mencapai kemudahan dan kenyamanan mendorong manusia untuk mencari cara yang paling efektif dan efisien dalam memenuhi tujuan ini. Berawal dari kehidupan tradisional, kini secara berangsur-angsur titik kemajuan telah terlihat dalam bentuk teknologi yang tak lain merupakan hasil pemikiran cerdas para ilmuwan dunia.

Beragam bentuk dan fungsi teknologi tercipta menyesuaikan kebutuhan manusia. Jadi tidak dipungkiri bertambahnya fungsi dan peranan dari teknologi dipengaruhi oleh kehidupan manusia di suatu jaman.

Berbicara tentang teknologi dengan perkembangan yang tidak berhenti cenderung menguasai segala bidang kehidupan, dari mulai sosial, budaya, agama, ekonomi, bahkan moral telah dipengaruhi oleh keberadaan teknologi. Teknologi itu sendiri sebagian besar berbentuk teknologi informasi, yakni suatu keadaan dimana hubungan komunikasi antar individu didukung oleh kecanggihan teknologi, sehingga memungkinkan manusia untuk saling terhubung walaupun dari jarak yang sangat jauh. Teknologi informasi ini diadopsi oleh banyak kalangan dengan pemanfaatan yang berbeda pula. Namun jangan pernah abaikan etika teknologi informasi karena merupakan hal yang paling dasar dalam proses pemanfaatan secara efisien dan bijaksana.


Hal lain yang tak kalah penting atas keberadaan teknologi infomasi adalah peranannya dalam mewarnai kehidupan kita. Peranan dari teknologi infomasi diantaranya :

  1. Sebagai media komunikasi lokal hingga lintas negara.
  2. Meningkatkan kinerja personal dalam berinovasi dengan kreatifitas yang dimiliki.
  3. Menghemat biaya serta waktu dalam kegiatan sehari-hari baik individu maupun industri.
  4. Meningkatkan percepatan penyebaran informasi ke seluruh dunia.
  5. Memajukan ilmu pengetahuan dengan peralatan teknologi yang serba canggih.
  6. Menunjang ilmu kesehatan di bidang kedokteran.
  7. Mengubah sistem pemasaran pada bisnis yang semula bersifat tradisional.
Serta peranan dari teknologi informasi lain yang masih banyak tentunya. Inilah fakta yang sealu menjadi perhatian utama di seluruh negara. Mengapa demikian? Karena dengan teknologi informasi suatu negara mampu meningkatkan taraf kehidupan bangsanya. Ditunjang dengan sarana dan prasarana berbasis teknologi informasi akan semakin meningkatkan daya saing antar negara di kancah internasional.

Itulah sedikit penjelasan mengenai peranan teknologi infomasi. Semoga bermanfaat ^_^

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons