Sunday, January 6, 2013

Etika Teknologi Informasi

Berbicara tentang Teknologi Informasi, berbicara pula tentang kehidupan modern yang semakin terasa mudah dengan adanya fasilitas-fasilitas yang berbasis teknologi. Memang benar, keberadaan teknologi informasi kian mempermudah berbagai kegiatan manusia, sebagaimana pengertian teknologi informasi yaitu gabungan antara kegiatan telekomunikasi yang terkomputerisasi sehingga menciptakan perpaduan yang memudahkan proses pelaksanaan kegiatan. Sebagai contoh, dahulu ketika seseorang ingin menunaikan ibadah haji, maka haruslah menggunakan alat transportasi kapal untuk mencapai Kota Makkah, kapal yang digunakan pun masihlah menggunakan mesin yang sederhana, sehingga membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan perjalanan dari tanah air ke Kota Makkah. Hal ini telah terjadi perubahan yang sangat signifikan apabila kita memandang kehidupan sekarang ini, transportasi yang dulunya menggunakan kapal dengan mesin yang sangat sederhana, kini telah tergantikan transportasi udara yang dapat mencapai negara tujuan dalam hitungan hari bahkan jam. sungguh perbedaan yang sangat signifikan bukan? Inilah salah satu manfaat atas perkembangan teknologi infomasi.

Adapun penggunaan teknologi informasi tergantung pada individu, apakah akan memiliki manfaat yang positif ataupun negatif tentulah tergantung pada usernya. Oleh karena itu diperlukan beberapa etika penting yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi informasi agar manfaat yang didapat lebih maksimal dan tidak menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Terkait etika teknologi informasi, di bawah ini akan dijelaskan beberapa elemen yang merupakan etika berteknologi dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Gunakanlah teknologi informasi untuk hal yang positif dengan mempertimbangkan dampak apa saja yang dapat ditimbulkan.
  2. Teknologi adalah sarana, jadi janganlah berlebihan dalam menggunakan teknologi, karena dapat berdampak negatif pada kehidupan sosial kita dalam bermasyarakat.
  3. Jangan sekali-kali masuk sistem teknologi informasi yang bersifat pribadi milik orang lain tanpa izin.
  4. Hargailah privasi serta hak cipta orang lain, janganlah menjadi seorang hacker ataupun cracker yang dapat merugikan orang lain.
  5. janganlah berambisi untuk memiliki berbagai macam teknologi informasi. Milikilah beberapa teknologi informasi yang benar-benar kita butuhkan untuk menunjang kehidupan kita.
  6. Teknologi informasi memanglah mempermudah segala bidang kehidupan, namun ingatlah bahwa kita adalah manusia dimana memiliki fitrah dan diperintahkan oleh Allah untuk giat dalam berusaha dan berfikir.
Adapun beberapa etika teknologi infomasi dalam hal berkomunikasi melalui media sosial seperti facebook, twitter ataupun e-mail diantaranya :
  1. Jangnlah berlebihan mengumbar privasi, karena media sosial adalah fasilitas komunikasi umum yang tidak dapat diprediksi kebenaran suatu data dari setiap anggotanya. Contoh kasus, ada seseorang yang mempunyai 2 akun di facebook. satu akun diketahui banyak menampilkan status yang religius, berkata bijaksana bahkan wibawa, namun satu akun lainnya memiliki status yang berisi hinaan, kesombongan dan lain sebagainya.
  2. Janganlah gunakan keanggotaan kita di media sosial untuk menipu orang lain, karena sepandai-pandai orang menyembunyikan kejahatan, maka kelak akan terungkap juga, entah di dunia maupun di akhirat.
  3. Hargailah kebudayaan dan adab di daerah atau negara lawan bicara kita di media sosial, ingatlah bahwa etika setiap daerah bahkan setiap negara berbeda-beda. Jadi usahakan kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dilarang untuk kita ucapkan sebelum kita menjalin komunikasi dengan orang lain yang berbeda daerah atau negara dengan kita.
  4. Janganlah menggunakan kata alay 5epert1 iniy serta jangan gunakan huruf kapital sesuka kita, karena merupakan  huruf yang mencerminkan ungkapan berteriak.
  5. Bedakan cara kita berkomunikasi dengan teman, sahabat, orang tua, guru ataupun deangan presiden.
  6. Berhati-hatilah saat berkomunikasi ataupun membuat status, karena dewasa ini sering terjadi tindak kejahatan yang asal mulanya terjadi melalui media sosial, seperti kasus penculikan, pemerkosaan, bahkan hukuman terhadap seseorang yang menampilkan status yang menyinggung perasaan orang lain.
  7. Janganlah mengupload foto-foto yang tidak senonoh, karena dapat menimbulkan pikiran negatif bagi yang melihatnya. Dan yang lebih ekstrem lagi, foto tersebut dapat menjadi ladang dosa bagi yang punya.
  8. Ingatlah hubungan pertemanan yang terbaik adalah melalui hubungan nyata, bukan hubungan di dunia maya.
Itulah beberapa etika teknologi informasi yang dapat saya sebutkan, semoga kita dapat menggunakan teknologi informasi secara bijak tanpa menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri ataupun bagi kebanyakan orang.

Patuhi Etikanya, Nikmati Manfaatnya.. 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons