Thursday, November 8, 2012

Perkembangan Teknologi Informasi

Berkembangnya peradaban teknologi informasi di sekeliling manusia secara tersirat membius pemikiran yang semula tradisional beralih ke arah pemikiran modern yang mana lebih banyak memanfaatkan teknologi dalam menjalani kehidupannya. Inovasi dan kreatifitas manusia pun lebih terarah pada usaha dalam mengembangkan keberadaan teknologi agar mampu menjadi media pembantu aktifitas atau kegiatan manusia yang super canggih, sehingga segala kegiatan tersebut dapat dilakukan secara praktis dan efektif.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih dinilai memiliki dampak yang positif yakni beragam manfaat yang diperoleh darinya sebagaimana artikel sebelumnya yang berjudul Manfaat Teknologi Informasi, namun juga memunculkan dampak negatif yang mana dinilai mampu menggeser kedudukan manusia, yang semula menggunakan tenaga manusia beralih pada pemanfaatan teknologi sebagaimana terjadi pada banyak perusahaan manufaktur yang sekarang ini telah menggunakan teknologi canggih dalam bentuk mesin, karena dianggap mampu meminimalisir penggunaan biaya dalam proses penciptaan produk. Proses produksi berteknologi oleh para pelaku industri ini dapat dibilang sebagai salah satu faktor dalam menciptakan pengangguran di tengah-tengah masyarakat yang semakin padat seperti di Indonesia.




Bagi sebagian orang yang menilai negatif terhadap keberadaan teknologi memang tidak dapat disalahkan. Pendapat ini terkait masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui manfaat dan peluang-peluang besar dibalik perkembangan teknologi informasi. Serta penyebaran pendidikan tentang teknologi juga menjadi kendala dalam mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan teknologi. Infrastrutur dan sarana prasarana yang minim juga mendukung gagasan mengenai sempitnya pemikiran masyarakat terhadap dampak-dampak positif yang terkandung di dalam teknologi.

Perlu diketahui bahwa kuantitas dan kulitas penggunaan teknologi di suatu negara berpengaruh besar dalam menciptakan gelar “negara maju”. Sebagai contoh negara Jepang, dalam kegiatan perindustrian, Jepang menggunakan mesin-mesin canggih untuk menghasilkan produk yang berkualitas sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini tak lain adalah karena bentuk pemanfaatan teknologi secara maksimal dan profesional. Di balik keberhasilan negara Jepang yang dipandang sukses dalam memanfaatkan teknologi sehingga mendapatkan predikat negara maju, ada campur tangan para pemimpin yang memberikan perhatian besar terhadap peluang besar bagi negara Jepang tersebut. Kompetisi di kancah internasional juga sebagian besar terkait perkembanganteknologi informasi. Kita lihat beberapa perusahaan besar industri handphone berusaha keras untuk menciptakan super smart phone yang paling unggul. Selain itu penciptaan alat transportasi luar angkasa yang biasa disebut roket juga merupakan pertarungan teknologi di antara negara-negara maju. Hal ini tak lain karena setiap negara berusaha keras untuk menciptakan peralatan canggih dalam mengungkap rahasia-rahasia menakjubkan di hamparan alam semesta.

Begitulah bentuk kontroversial atas keberadaan teknologi, pandangan negatif dan positif tergantung pada setiap orang. Dan pemanfaatannya pun dipengaruhi oleh seberapa besar usaha manusia dalam menggunakannya. Teknologi Informasi akan terus mengalami perkembangan selama peradaban manusia masih ada. Keberadaannya akan menciptakan kebutuhan manusia yang berkaitan dengan penggunaan teknologi. Demikianlah peranan penting atas keberadaan teknologi.

Semoga kita mampu menjadi manusia yang berwawasan teknologi sehingga mampu memajukan peradaban dan kehidupan negara kita tanpa menghilangkan keberagam kebudayaan yang telah ada. Perkembangan teknologi informasi merupakan potensi yang luar biasa dan akan terus ada.

1 comments:

ace maxs said...

wah bener juga,. makasih informasi yang bermanfaat sob

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons