Monday, May 12, 2014

Pengertian Bandwidth

Artikel Teknologi Komputer - Apa itu bandwidth? Menurut pengertian-nya bandwidth adalah perhitungan atau nilai hitung atas konsumsi transfer data telekomunikasi yang perhitungannya menggunakan satuan bit setiap detik (biasa disingkat bps/byte per second) yang terjadi antara komputer klien dengan komputer server dalam sebuah jaringan komputer di waktu tertentu.

Artikel Teknologi Komputer
Bandwidth sering disebut sebagai Data Transfer atau Site Traffic yang merupakan data keluar+masuk/upload+download dalam jaringan komputer.

Bandwidth tersebut akan dialokasikan ke dalam komputer di dalam jaringan dan berpengaruh terhadap kecepatan transfer data dalam jaringan komputer terkait,sehingga semakin besar Bandwidth pada sebuah jaringan komputer maka kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh server ataupun klien akan semakin cepat. Begitu juga sebaliknya apabila bandwidth pada sebuah jaringan komputer kecil, maka kecepatan transfer data antar komputer akan lebih lambat.

Pada suatu jaringan komputer, jenis Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth analog dan Bandwidth digital. Berikut ini adalah penjelasan dari masing - masing Bandwidth tersebut:

  • Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
  • Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.


Jika anda mengenal/menjadi pelanggan Telkom Speedy, cara kerja bandwidth sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang mdijadikan acuan sebagai perhitungan kuota Telkom Speedy adalah berupa data yang masuk/keluar ke Modem ADSL/PC anda, sedangkan pada sebuah hosting acuan penggunaan bandwidth adalah berupa data yang masuk/keluar ke website/account.

Semoga artikel mengenai pengertian bandwidth tersebut dapat menambah wawasan teman-teman.
_________________
Sumber : tutorial-mj.blogspot.com
Gambar : webxpresstech.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons