Wednesday, May 14, 2014

Pengertian Situs Website

Artikel Teknologi Komputer - Pengertian situs atau website yaitu sekumpulan halaman berisi topik yang memiliki kaitan satu sama lain yang terdiri atas unsur gambar, teks, gambar, atau unsur lainnya yang tersimpan di dalam suatu komputer server dan dapat diakses melalui sebuah jaringan internet. Situs/website dikenali melaluialamat unik yang biasa disebut URL (Uniform Resource Locator). Sekumpulan dari semua situs website yang dapat di akses lewat jaringan internet disebut dengan "www".

Artikel Teknologi Komputer


Sir Timothy John Tim Berners Lee merupakan penemu situs web dimana pada mulanya ia bermaksud untuk mempermudah aktivitas pertukaran data di tempatnya bekerja. Selanjutnya pada tahun 1991 untuk pertama kalinya situs website dapat di akses melalui jaringan komputer. Pada 30 April 1993, CERN perusahaan tempat Tim Berners Lee bekerja mempublikasikan bahwa "www" dapat di akses oleh seluruh masyarakat secara gratis.

Sebuah halaman website adalah berkas berupa teks biasa yang terkoordinasi dan dipadukan dengan suara, video, ataupun gambar yang mana dibuat menggunakan HTML sebagai standar penulisannya (lihat pengertian HTML). Halaman diterjemahkan oleh sebuah perangkat lunak yakni peramban web dengan hasilnya mampu ditampilkan pada layar komputer. Namun untuk mengakses berkas halaman tersebut melalui jaringan sehingga dapat dilihat oleh seluruh masyarakat dunia, maka diperlukan sebuah protokol yang disebut sebagai HTTP.


Situs website terdiri atas dua kelompok yakni situs website dinamis dan situs website statis.

Situs website dinamis adalah situs yang dirancang untuk mempermudah pemilik situs dalam melakukan pembaharuan secara berkala sesuai keinginannya. Sedangkan situs website statis adalah sebuah situs yang memiliki tampilan, isi situs, dan pengaturan yang bersifat tetap. Artinya situs tersebut sengaja didesain tanpa bisa diperbarui secara berkala.

Demikian sedikit pembahasan mengenai pengertian situs website. Semoga dapat menambah wawasan teman-teman semua. Terimakasih.
______________
Sumber : riko.web.id
Gambar : javamaya.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons