Friday, October 5, 2012

Pengertian HTML


Teknologi InformasiHTML merupakan unsur utama dalam pembuatan sebuah web, namun apakah sahabat Teknologi Informasi tahu pengertian dari HTML? (Untuk para master web designer boleh mengacuhkan artikel sederhana ini ^_^ ), namun apabila masih tetap ingin membaca ya silahkan ^_^. HTML (Hypertext Markup Language) adalah sebuah bahasa representasi yang digunakan dalam proses pembuatan halaman web. HTML pertama kali dikembangkan di CERN, yaitu sebuah laboratorium fisika partikel yang berlokasi di Swiss. Pada bulan November 1995 telah didefinisikan HTML versi 2.0 yaitu dalam RFC 1866 (bisa dilihat di alamat www.faqs.org/rfcs). Kemudian pada bulan Januari 1997 HTML versi 3.2 didefinisikan dan versi terakhir yaitu HTML versi  4.01 didefinisikan pada bulan Desember 1999. Spesifikasi HTML versi  4.01 ini bisa teman-teman lihat pada situs W3C di alamat www.w3c.org/TR/html401.




Perlu diketahui bahwa HTML bukanlah sebuah bahasa pemrogaman seperti C++, BASIK, Paskal  ataupun java, karena struktur HTML sangatlah berbeda dengan bahasa pemrograman  tersebut. Pada HTML kita tidak bisa menggunakan fungsi-fungsi logika seperti IF... ELSE, FOR..NEXT, WHILE...DO dan fungsi-fungsi logika lain yang ada pada bahasa pemrograman biasa. HTML memiliki kelebihan yang mendasar yang tidak dimiliki bahasa pemrograman yaitu adanya hypertext (link yang dapat menghubungkan antara dokumen satu dengan lainnya. Justru dengan adanya perbedaan fungsi antara HTML dengan bahasa pemrograman maka keduanya dapat digabungkan untuk membuat situs web yang bagus.

Seorang web designer haruslah pandai memainkan kode-kode di dalam html, karena dengannya mereka mampu membangun web yang sesuai dengan keinginan atau kreatifitas mereka. Namun semakin berkembangnya teknologi informasi mampu menciptakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi seseorang yang ingin menjadi web designer tanpa ingin berurusan dengan kode-kode HTML. Hal tersebut karena banyaknya software web builder yang tersebar di internet, berbayar maupun gratisan dapat kita temukan. Tapi ingat! Jika sahabat Teknologi Informasi ingin menjadi seorang profesional sebagai web designer haruslah menguasai HTML sebagai pondasi utama.

Sebagaimana pengertian HTML yang mana merupakan bahasa yang digunakan dalam pembuatan web, mampu dijadikan modal bagi para master dalam menyediakan jasa pembuatan web. Prospek bisnis ini telah diakui sangat menguntungkan, karena pendapatan yang diperoleh untuk setiap web yang dibuat mencapai jutaan rupiah bahkan hingga puluhan juta atau milyaran rupiah tergantung pada pemesan, apakah individual atau perusahaan. Wah ladang uang yang sangat menguntungkan bukan? Kepada sahabat Teknologi Informasi yang masih belajar untuk menjadi web designer semoga sukses dan tidak lupa kepada masyarakat yang kurang mampu ^_^.

Sekian artikel sederhana tentang pengertian HTML dari Teknologi Informasi. Semoga bermanfaat.

Salam Teknologi Informasi. ^_^
___________________________
Menjadi Seorang Desainer Web - Wahana Komputer

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons