Tuesday, October 2, 2012

Tentang Blog - Web Log


Apa kabar sahabat Teknologi informasi? Khoir semua kan? J . Pada kesempatan kali ini Teknologi informasi ingin berbagi pengetahuan tentang BLOG. Silahkan dibaca dan dipahami, apabila ada suatu hal yang ingin disampaikan, silahkan isi pada kolom komentar di bawah. Langsung saja ya.. 

Blog yang biasa dikunjungi oleh para pengguna internet (netter) merupakan singkatan dari web log. Web log atau blog pada awalnya hanya digunakan sebagai catatan harian seseorang yang ditampilkan secara online. Penulis atau pembuat catatan berbasis online tersebut dinamakan blogger.

Pada awal mula kemunculan blog (web log) tidak secara langsung diterima baik oleh semua kalangan. Saat itu blog lebih dianggap sebagai tempat curhat seseorang yang berlebihan dan dianggap menginginkan perhatian dari pembaca. Persepsi ini muncul lantaran masih awamnya pandangan pengguna internet terhadap keberadaan blog dan mereka belum mengetahui fungsi terkait tentang blog selain sebagai tempat menuliskan catatan harian. Namun semakin berkembangnya sistem teknologi informasi di dunia mampu memutar balikkan pandangan pengguna internet yang semula negatif menjadi lebih mengenal sisi positif terkait manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari keberadaan blog atau web log.




Apakah sahabat semua tahu? Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com. Pemilik Blogger.com adalah PyraLab, sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 silam.

Menjamurnya keberadaan blog, telah melahirkan beragam blogger yang menciptakan alamat blog berdasarkan tujuan mereka masing-masing. Yang pada awalnya dianggap negatif, kini ada jutaan bahkan milyaran blog lahir di internet. Bahkan setiap harinya ada ribuan web log terdaftar secara online. Disadari atau tidak, keberadaannya sering kita jumpai ketika kita browsing untuk mencari informasi tertentu.

Kini pemanfaatan blog tidak hanya sebatas media penulisan catatan harian, namun banyak individu hingga perusahaan menggunakannya sebagai media publikasi seperti iklan, kampanye politik, media pemasaran online, media penyampaian pendidikan baik formal maupun informal, dan lain sebagainya. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis, sebagian lain dipelihara oleh beberapa penulis. Banyak fasilitas yang disediakan blog, seperti fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, dengan memperkenankan pengunjung meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan oleh blogger, atau melalui widget chatting yang banyak disediakan di internet, serta beragam fasilitas lain yang dapat sahabat teknologi informasi ketahui dengan melakukan pencarian di search engine. J

Perlu sahabat ketahui beragam manfaat blog telah banyak dimanfaatkan oleh pebisnis online sebagai ladang penghasilan mereka. Beribu hingga berjuta dollar per bulan mampu mereka peroleh hanya dengan bermodal blog dan kepandaian mereka dalam menerapkan SEO (Searh Engine Optimization).

Keberadaan teknologi informasi sangat bermanfaat bagi banyak orang, salah satunya keberadaan blog yang tak lain adalah pemanfaatan teknologi informasi, dimana keberadaan blog mampu menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang yang mampu memanfaatkannya secara maksimal untuk tujuan bisnis.

Itulah sedikit artikel tentang blog. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons