Tuesday, September 4, 2012

Membuat Website dengan Joomla

Teknologi Informasi – Apakah ada diantara teman-teman yang sudah mengetahui Joomla! sebagai media untuk membuat website? Langsung saja ya, kita pelajari sebentar tentang pengertian Joomla! itu sendiri. Joomla Open Source atau lebih sering dikenal dengan Joomla! merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat open source, yaitu sebuah software gratis yang dapat digunakan untuk membuat content web yang paling sederhana hingga paling kompleks sekalipun, seperti web portal. Disebut open source karena pengguna dapat memodifikasi, menghapus, maupun menambah script yang disertakan dalam software tersebut asal tetap mencantumkan hak cipta dan mentaati peraturan yang telah disepakati. Joomla! telah banyak digunakan oleh banyak web designer baik dari Indonesia maupun dari luar negeri, hal ini dikarenakan kemudahan yang disediakan oleh software pembuat website gratis ini.

Perlu teman-teman ketahui bahwa Software open source berbeda dengan software gratis (free use), karena software yang bersifat gratis tidak menyertakan file-file aslinya (script) software tersebut, sehingga pengguna tidak dapat mengetahui bagaimana dan apa isi yang terkandung di dalamnya. Inilah salah satu kelebihan yang telah disediakan oleh software Joomla!.




Keberadaan Joomla! sebagai salah satu CMS open source akan terus mengalami perkembangan yang memberikan lebih banyak kemudahan kepada para penggunanya, hal ini dikarenakan adanya pihak ketiga yang terus melakukan perbaikan terhadap Joomla!. untuk mengetahui lebih lanjut tentang CMS, silakan kunjungi website resminya di http://www.opensourcecms.com/.

Atau jika teman-teman tertarik untuk membuat website dengan Joomla!, teman-teman dapat bergabung di Komunitas Joomla! Indonesia di http://www.id-joomla.com/. Disana teman-teman akan mendapati berbagai tutorial mengenai Joomla! seperti : cara instalasi Joomla!, software Joomla! terbaru, cara membuat website yang elegant menggunakan Joomla!, referensi template Joomla!, serta berbagai tutorial dan artikel Joomla! lainnya. Tempat belajar Joomla! yang sangat pas bukan?

Itulah sedikit ilmu dari teknologi informasi mengenai Joomla!. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai belajar mengenai cara membuat website.

9 comments:

download film said...

artikel yg bagus ulasannya mas, dan ini yg saya cari selama ini karena ulasannya cukup detail dan juga kalau bisa sekalian bagi teman2 yg suka dengan film box office ampe blu silakan kunjungi situsnya ya, karena itu terima kasih buat admin disini juga dan keep blogging he, makasi gbu

Taufiq said...

Terima kasih atas kunjungannya :)

plaque therapy said...

smoga bermanfaat

belajar forex said...

tips yang bagus

Taufiq said...

wah, lagy cari backling nih pasti

Survey Online dibayar said...

Nice tips gan

EghyR01 said...

artikel yang sangat bagus, ...

jam tangan alexandre christie said...

nice tutorial ya gan
sangat bermanfaat
suskses selalu ya

ria said...

thanks

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons