Tuesday, September 9, 2014

Mengenal Perangkat Lunak Internet


Artikel Teknologi Komputer - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perangkat lunak internet. Perangkat lunak sering kita dengar dengan sebutan software, nah kalau ada istilah software tentu ada istilah hardware. Software dan hardware wajib ada dalam sistem komputer. Jika salah satu dari kedua perangkat tersebut tidak ada maka tidak dapat input dan  output data.

Artikel Teknologi Komputer

Perangkat lunak adalah program. Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Jadi, Perangkat Lunak (software) atau program adalah daftar instruksi yang memerintahkan komputer untuk menerima input, memproses input, mengeluarkan output dan penyimpanan.

Perangkat lunak saat ini sudah menjadi alat bantu bagi setiap manusia, tetapi tidak semua perangkat lunak bermanfaat, misalnya virus dan game dapat menciptakan permasalahan baru yang dapat merugikan semua orang.


Adapun jenis-jenis perangkat lunak pada internet  antara lain :
  1. Sistem operasi berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perangkat keras dengan aplikasi komputer untuk mengakses internet. Misalnya windows, linux, unix. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini masih dikuasai oleh Windows kemudian disusul oleh MacOS dan Linux.
  2. Aplikasi jaringan berfungsi untuk mengakses dan mengatur jaringan koneksi internet. Misalnya Dial-Up Networking.
  3. Aplikasi browser, berfungsi untuk menjelajahi dan menampilkan informasi yang diperoleh dari internet, misalnya :
  • Internet Explorer, merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.
  • Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.
  • Mozilla Firefox. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Masih banyak perangkat lunak yang mempermudah untuk penjelajahan di dunia internet, apalagi sekarang banyak terobosan baru dalam perkembangan perangkat lunak yang semakin mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan dan lain sebagainya. Semoga artikel mengenai perangkat lunak internet ini memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca.

_____________
Gambar : robinmonks.com

6 comments:

Picnic locations in Delhi NCR said...

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written

Cool Places in Gurgaon said...

hat you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

Water Park in Delhi NCR said...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Start Business in Delhi said...

I don't know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

Berita Teknologi said...

infonya sangat menarik, sekarang saya mengenal mengenai peranti lunak komputer yang selama ini saya masih awam mengenai komputer,

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih sudah share min
solder uap

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons