Thursday, March 7, 2013

Manfaat Email yang Perlu Diketahui


Berita Teknologi Informasi
Berita Teknologi Informasi - Kini penggunaan email tidak hanya sebatas media berkirim surat elektronik dengan maksud bertukar kabar atau hal umum lainnya, namun penggunaannya lebih luas lagi mengingat para provider email terus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap fitur-fitur yang mampu mendukung pengguna email untuk melakukan aktivitas selain berkirim e-mail.

Kini pengguna email dapat mengirimkan file berupa data ataupun gambar dalam bentuk attachment, pengguna dapat mengirim SMS (Short Message Service) secara gratis langsung dari akun emailnya, hingga aktivitas lain yang dapat kita lakukan sesuai dengan fitur yang disediakan oleh provider email yang kita gunakan. Dengan email kita juga mampu mengembangkan bisnis kita dengan cara berpromosi kepada kolega ataupun calon konsumen kita, kegiatan ini disebut dengan email marketing.

Jadi, dengan banyaknya fitur yang tersedia, kita akan terbantu dalam beraktivitas online tergantung pada fitur yang tersedia. O iya, apakah teman-teman sudah tahu kepanjangan email? Kepanjangannya adalah electronic mail, dimana kita bebas melakukan komunikasi tertulis secara online tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis.

Melalui artikel ini saya juga ingin berbagi pengetahuan mengenai manfaat email yang perlu diketahui oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kita menggunakan email dalam proses komunikasi online.


  • Media atau alat komunikasi efisien, efektif dan ekonomis karena proses pengiriman email yang sangat cepat dan dapat dilakukan tanpa biaya.
  • Email bersifat user experience, yaitu bahwa email dapat digunakan dengan mudah sehingga memungkinkan setiap orang bisa menggunakannya.
  • Email dapat menghubungkan antara dua orang atau lebih walaupun terpisah batas negara sekalipun.
  • Dalam hal bisnis, email dapat digunakan sebagai media promosi ataupun menjaga kesetiaan pelanggan tanpa memerlukan biaya yang banyak.
  • Dalam hal pendidikan, email dapat digunakan sebagai media berkomunikasi antara pengajar dengan siswanya, bisa juga digunakan sebagai tempat pengumpulan tugas sekolah.
  • Sebagaimana paragraf di atas, email akan mendukung pengiriman surat tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, namun juga dapat berupa file atau dokumen dengan cara di-attach.
  • Email dapat digunakan sebagai media berlangganan informasi dari sebuah web atau blog.
  • Email sangat diperlukan dalam proses pendaftaran di banyak website seperti situs media sosial facebook dan twitter.
  • Email dapat diunakan sebagai media pengumpul aspirasi dari dari para anggota, biasanya dilakukan pada lembaga survei, strategi pemasaran, aspirasi politik, dan sebagainya.
  • Media konsultasi online, biasanya dilakukan oleh penyedia jasa online.
Itulah beberapa manfaat email yang dapat kita peroleh, sangat bermanfaat kan?

Sebagai media yang membantu kita dalam menjalin komunikasi dengan semua orang, aktivitas email haruslah menggunakan etika dan kebijaksanaan, karena dampakyang ditimbulkan entah positif ataupun negatif tergantung pada penggunanya.

Semoga artikel dari berita teknologi informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Aamiin..  ^_^

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons