Tuesday, January 15, 2013

Cara Membuka File RAR


Perkembangan teknologi informasi selalu menjadi daya tarik bagi orang-orang yang haus akan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh keberadaannya. Mulai dari hal yang kecil hingga hal yang paling kompleks telah terpengaruhi oleh teknologi informasi. Adapun pada postingan kali ini saya ingin memberikan sedikit ilmu yang merupakan terapan teknologi informasi terhadap file di dalam komputer yang Insya Allah bermanfaat bagi teman-teman semua, yakni tentang cara membuka file RAR.

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai cara membuka file RAR, mari kita pelajari sedikit tentang apa itu file RAR dan apa fungsinya? Dari sumber yang saya baca, nama RAR sebenarnya hanyalah sebuah merk yang diberikan oleh pembuat algoritma / rumus pengecilan data tersebut. Dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa RAR merupakan sebuah algoritma /rumus yang berfungsi untuk mengkompres atau mengecilkan penggunaan memori suatu file. Algoritma ini berbentuk software dimana sangat berguna apabila kita ingin meminimalisir penggunaan memori suatu file di dalam folder komputer, flashdisc ataupun alat penyimpanan berbasis teknologi lainnya.

Postingan ini tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat file RAR, namun lebih memfokuskan pada cara membuka file RAR.

Belum banyak teman-teman yang tahu cara ini. Sebagaimana yang pernah saya alami dulu, saya sempat kebingungan saat mengetahui beberapa file saya berubah menjadi file RAR. Semua file penting masuk didalamnya. Saya berusaha untuk mencari jalan keluar, mulai dari bertanya kepada teman-teman saya hingga mengotak-atik sendiri, namun hasilnya nihil. Akhirnya saya menemukan pemecahannya beberapa bulan setelah kejadian tersebut. Saya menemukan artikel cara membuka file RAR setelah searching di google. "kenapa gak dari dulu?" demikian pikir saya (maklum dulu masih asing dengan teknologi informasi ^_^ ).

Oleh karena itu, melalui postingan ini saya ingin membantu teman-teman yang kebingungan bagaimana cara membuka file RAR. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini supaya lebih jelas :


1. Pilihlah file RAR yang akan dibuka / diextract
2. Klik kanan file tersebut, disana ada 3 pilihan alternatif yang masing-masing memiliki pebedaan sebagai berikut:


  • Extract files : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut dapat diletakkan pada folder yang teman-teman kehendaki.
  • Extract here : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut secara otomatis diletakkan di dalam folder yang sama dengan file RAR-nya.
  • Extract to .. : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut secara otomatis diletakkan di dalam folder baru yang terletak dalam satu folder dengan file RAR-nya.

Itulah langkah-langkah yang dapat teman-teman lakukan terkait cara membuka file RAR. Tenyata mudah ya. ^_^

Semoga bermanfaat.
Salam Teknologi Informasi.

12 comments:

Admin said...

Terima kasih infonya Mas, maklum masih newbie nih jadi rada bingung juga

Anonymous said...

thx infonya,menambah wawasan aq....

Unknown said...

min, kalau sudah mengklik salah satu Extrack itu tapi tdk ada muncul apa-apa, itu gimana min? mohon bantuannya.. makasih

Khasiat Putih Telur said...

saya rasa semua Komputer harus sudah terisntal Winrar.. :D

Water Park in Delhi NCR said...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Cool Places in Gurgaon said...

I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

Picnic locations in Delhi NCR said...

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Najla Alliya said...

btw tks, diklik kanan ya...

rental mobil harian said...

tutorialnya sangat jelas dan lengkap. terima kasih atas infonya ya,,,

pendakian semeru dari malang said...

Hey there. I discovered your website by the use of Google at the same time as searching for a similar matter, your site got here up. It appears great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks to visit then.

Unknown said...

Tempat rental mobil yang ada di kota malang sangatlah banyak dan ada yang memiliki website sendiri dan ada yang tidak. Salah satu perusahaan jasa rental mobil terpecaya di kota malang adalah AKFATRANS yang beralamat di perumahan oma campus sengkaling malang. Jenis mobil yang disewakan sangat beragam, mulai dari avanza, xenia, ertiga, elf dan yang lainnya. Harga sewa mobilnya juga sangat terjangkau. Info selengkapnya tentang rental mobil malang kunjungi website.

Anda tidak perlu khawatir saat datang ke kota jogja untuk suatu keperluan tertentu dan membutuhkan kendaraan roda empat. Anda bisa menggunakan jasa penyedia sewa mobil di jogja, bisa dengan sopir atau tanpa sopir. Kelebihan sewa mobil jogja dengan sopir adalah anda tidak akan tersesat dan sopir tersebut sekaligus menjadi guide selama perjalanan anda saat menggunakan jasa sewa mobil di jogja. Info lengkap jenis-jenis kendaraan yang disewakan di jogja baca selengkapnya disini.

Anda tidak usah bingung tentang alat transportasi di pulau bali untuk mengunjungi wisata disana. Banyak sekali tempat persewaan mobil di bali yang berharga murah dan tarif itu bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia. Rata-rata tarif penyewaan mobil bali berkisar antara 150.000 - 250.0000 rupiah per hari. Anda bisa memesannya di tempat penyewaan mobil di bali. Informasi kontak dan alamat tempat persewaan mobil harga murah di bali tersebut klik penjelasan ini.

Unknown said...

Jawa timur adalah gudangnya destinasi wisata yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah wisata malang batu dan gunung bromo. Anda membutuhkan beberapa hari untuk dapat berkunjung ke semua objek wisata tersebut dan untuk lebih mudahnya Anda bisa memesan paket wisata malang batu bromo 4 hari 3 malam. Penjelasan itinerary lengkap dan fasilitas apa saja yang didapat saat memesan paket wisata city tour malang batu bromo penjelasan lengkap disini.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan kawasan yang banyak memiliki objek wisata populer di mata para wisatawan. Dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, wisata gunung bromo lah yang paling terkenal. Keindahan sunrise di gunung bromo memang selalu membuat orang penasaran untuk berkunjung. Untuk datang kesana anda bisa memesan paket wisata gunung bromo midnight. Info fasilitas lengkap paket wisata bromo midnight dari malang/surabaya baca selengkapnya disini.

Jasa rent car murah di surabaya bisa anda booking melalui online dan cukup dengan menelepon nomor kantor perusahaan penyewaan mobil tersebut. Biasanya untuk booking rent car surabaya tersebut diharuskan membayar Down Payment (DP) sebagai tanda jadi dan juga itu pembuktian kalau anda memang benar-benar ingin menyewa mobil tersebut. Tatacara lengkap untuk booking online rent car harga murah di surabaya baca penjelasan berikut.

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons