Tuesday, August 28, 2012

Perawatan dan Pemeliharaan Handphone

Teknologi Informasi – Siapa yang tidak punya Handphone? Pertanyaan ini mungkin tidak akan dijawab oleh sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia. Mengapa demikian? Karena faktanya ada kurang lebih 75 persen dari populasi dunia memiliki alat telekomunikasi canggih ini. Angka tersebut berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh Bank Dunia. Menjamurnya pasar penjualan handphone sangatlah mempengaruhi kehidupan masyarakat, dimana komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa mengenal batas wilayah bahkan negara.

Namun bagi teman-teman pemilik handphone, pastilah berusaha untuk menjaga kualitas yang dimiliki oleh handphone teman-teman. Apalagi bagi pemilik handphone dengan harga yang melebihi harga sepeda motor (Sepeda motor bekas tabrakan maksudnya ^_^ ). Oleh karena itu pada postingan kali ini Teknologi Informasi ingin berbagi tips mengenai cara merawat dan memelihara performa dan kualitas Handphone agar tetap menjadi kebanggaan kita. Ingatlah! Perangkat handphone teman-teman merupakan produk unggulan, sehingga harus ditangani dengan benar.

Cara berikut ini semoga mampu membantu teman-teman dalam menjamin dan menjaga keawetan handphone yang teman-teman miliki :



  • Pastikan perangkat handphone selalu dalam keadaan kering. Air hujan, kelembaban dan segala jenis cairan atau uap air mungkin mengandung mineral yang akan membuat sirkuit elektronik berkarat. Jika perangkat terkena air, lepaskan baterai dan biarkan perangkat handphone tersebut hingga kering sepenuhnya sebelum baterai dipasang kembali.
  • Jangan gunakan atau simpan perangkat handphone di tempat yang kotor dan berdebu. Komponen yang dapat dilepas dan komponen elektronik dapat mengalami kerusakan.
  • Jangan simpan perangkat handphone ditempat yang panas. Temperatur yang tinggi dapat mempersingkat masa pakai perangkat elektronik, merusak baterai, dan melelehkan komponen yang terbuat dari plastik.
  • Jangan simpan perangkat handphone di tempat dingin. Ketika temperatur kembali normal, uap air dapat terbentuk di dalam perangkat dan merusak panel sirkuit elektronik.
  • Jangan buka perangkat selain yang diperbolehkan dalam aturan panduan yang didapat ketika membeli handphone tersebut.
  • Jangan jatuhkan, benturkan, atau guncangkan perangkat handphone teman-teman. Penanganan yang kasar dapat mematahkan panel sirkuit internal dan komponen kecil.
  • Jangan gunakan bahan kimia, larutan pembersih, atau deterjen keras untuk membersihkan perangkat handphone.
  • Jangan cat perangkat, lapisan cat dapat menyumbat berbagai komponen yang dapat dilepas dan dapat menghambat pengoperasian yang semestinya.
  • Gunakan hanya antena yang disertakan atau antena pengganti yang asli. Antena modifikasi atau peralatan tambahan yang tidak direkomendasikan dapat merusak perangkat ini dan melanggar peraturan yang mengatur tetang perangkat radio.
  • Gunakan pengisi daya di dalam ruangan.
  • Selalu buat salinan cadangan data yang teman-teman perlukan, misalnya kontak dan catatan kalender.
  • Untuk mengatur ulang perangkat dari waktu ke waktu agar kinerjanya tetap optimal, nonaktifkan perangkat terlebih dahulu, lalu keluarkan baterai.

Demikian tips yang dapat teman-teman praktekan demi menjaga kualitas dan keawetan dari perangkat handphone yang teman-teman miliki. Semua cara di atas berlaku untuk perangkat baterai, pengisi daya, atau perangkat tambahan apa pun. Jika salah satu komponen tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bawalah ke pusat layanan resmi terdekat.

Semoga tips mengenai cara merawat dan memelihara Handphone tersebut bermanfaat.

____________________________
(User Guide – Nokia)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons