Saturday, March 9, 2013

Memaksimalkan Keamanan Email Yahoo


Berita Teknologi Informasi - Kebutuhan akan email semakin dirasakan oleh sebagian besar orang, mengingat banyaknya manfaat email yang akan kita dapatkan. Mulai dari media bertukar surat secara online, media pemasaran atau yang sering disebut dengan email marketing, sarana pengiriman data berupa formulir, file ataupun gambar, dan banyak lagi manfaat dari email tersebut.

Namun inilah kehidupan, ada yang orang yang baik dan buruk. Sekarang ini banyak sekali penyalahgunaan fungsi email, fungsi email yang semula dijadikan sebagai media interaksi online, kini diselewengkan fungsinya oleh beberapa pelaku kejahatan. Ada banyak peristiwa di belahan dunia yang menginformasikan bahwa banyak orang jahat yang dengan mudah melakukan aksinya melalui email.

Email yang notabene dapat kita buat secara gratis ini membuka peluang bagi para pelaku kejahatan tersebut untuk melakukan tindak kriminal yang kadang meresahkan bahkan dapat merugikan berbagai pihak. Misalnya pada tahun 2012 lalu terjadi peristiwa yang menggegerkan pengguna internet dimana sekitar 453.000 lebih akun yahoo mail dihack oleh grup hacker internasional yang menyebut dirinya D33Ds Company. Hal ini tentu merugikan banyak pemilik email dan menjadikan menjadikan mereka bertanya, kenapa situs profesional sekelas Yahoo masih bisa kecolongan?

Atas kejadian ini, pihak Yahoo langsung mengungkapkan permintaan maafnya atas kejadian ini dan segera melakukan investigasi serta langsung melakukan perbaikan terhadap celah yang digunakan para hacker untuk membobol ratusan ribu email tersebut. Saya yang juga termasuk korban dari pembobolan email tersebut langsung melakukan konfirmasi kepada staff Yahoo agar email saya dikembalikan, dan Alhamdulillah setelah lolos dari pertanyaan-pertanyaan keamanan yang diajukan, akhirnya email saya telah kembali.


Berikut ini adalah tips memaksimalkan keamanan Yahoo agar akun email kita tidak mudah dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, jadi apabila peristiwa tersebut terulang, kita mampu melakukan recover terhadap akun kita.

  1. Hubungkan email Yahoo dengan no. handphone yang kita miliki, no. handphone ini akan berguna apabila kita lupa password email dan ingin mengembalikan email kita melalui customer servise Yahoo!.
  2. Tautkan email Yahoo dengan email lainnya baik sesama provider ataupun dengan provider email yang berbeda. Email tautan ini memiliki fungsi yang sama dengan poin no. 1 di atas.
  3. Sebaiknya password email yang digunakan memiliki kerumitan minimal sedang yakni terdi atas karakter huruf, angka dan simbol, sehingga para hacker tidak tidak dapat menebak password kita tersebut. Namun jangan sampai lupa lho. ^_^
  4. Hindari menggunakan password yang umum digunakan, seperti tanggal lahir, nama depan/belakang, nama kota, 123456, qwerty ataupun password yang mudah ditebak lainnya.
  5. Hendaknya mencatat password dan jawaban keamanan agar apabila kita lupa, catatan ini akan segera membantu kita.
  6. Janganlah terlalu terbuka kepada orang lain terkait data-data email kita. Tidak hanya kepada orang yang tidak kenal, orang dekat kita pun juga dapat menjadi musuh dalam selimut.
Keamanan email haruslah kita perhatikan, apalagi kalau email tersebut adalah email utama yang sering kita gunakan untuk berbegai kegiatan online, seperti penggunaanya sebagai email di akun facebook, twitter ataupun lainnya. Sehingga apabila akun email kita berhasil diretas oleh hacker, maka secara otomatis akun-akun lain yang ditautkan ke email tersebut akan dikuasai oleh sang hacker.

Belum lagi kalau email tersebut adalah email perusahaan atau digunakan untuk kepentingan bisnis. Sekali email tersebut bocor, maka bersiaplah untuk kehilangan data-data penting yang mungkin bersifat rahasia.

Apakah teman-teman penasaran bagaimana sih membuat email di situs jejaring sosial seperti facebook? Baca di cara membuat email facebook.

Demikian artikel sederhana dari berita teknologi informasi mengenai cara memaksimalkan keamanan email yahoo yang semoga bermanfaat. ^_^

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons