Wednesday, July 31, 2013

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Artikel Teknologi Komputer - Ada beberapa perangkat keras komputer  (dalam bahasa londo disebut hardware) yang kita butuhkan untuk memaksimalkan kerja kita dalam menggunakan komputer. Beberapa perangkat keras tersebut ada yang bersifat wajib maupun sekedar tambahan/pendukung.

Baik perangkat keras komputer utama ataupun tambahan, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, pemanfaatannya pun tergantung pemakai komputer itu sendiri.

Artikel Teknologi Komputer

Berikut ini beberapa perangkat keras komputer yang umum ditemui dan merupakan kebutuhan premier bagi Anda pemilik komputer.

  • CPU (Central Processing Unit)
  • Hardisk
  • Floppy Disk
  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse
  • CD Room
  • CD ( Compact Disk )
  • Printer
  • Scanner 


Berikut ini penjelasan singkat mengenai perangkat keras komputer di atas :


1. CPU
(Central Processing Unit) CPU merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data dan di dalamnya terdapat rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

2. Hardisk
Hardisk merupakan media penyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis.

3. Floppy Disk
Floopy disk merupakan media penyimpanan eksternal sebagai alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

4. Monitor
Monitor merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses oleh CPU.

5. Keyboard
Keyboard merupakan sebuah alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU dan keyboard terdiri atas rangkaian huruf dan angka.

6. Mouse
Mouse merupakan sebuah alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data berbentuk gambar atau grafik.

7. CD Room
CD Room merupakan sebuah alat tambahan yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan jprogram melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

8. CD ( Compact Disk )
CD merupakan sebuah media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

9. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetakan, baik itu berupa teks maupun gambar ataugrafik di kertas.

10. Scanner
Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya de dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

Selain beberapa perangkat keras komputer di atas masih banyak lagi perangkat keras lainnya yang mana akan terus berkembang bahkan bertambah seiring perkembangan teknologi komputer yang terus mengalami kemajuan. Apabila sebuah komputer akan dimanfaatkan agar memiliki koneksi ke internet pun memerlukan beberapa perangkat keras tambahan sebagai penunjang menghubungkan komputer ke internet.

Salam Berbagi Ilmu...
____________
Sumber : Slideshare.net

1 comments:

perangkat keras komputer said...

salam kenal.
makasih infonya gan....

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons