Thursday, September 11, 2014

Macam-macam Jaringan Pendukung Internet


Artikel Teknologi Komputer - Berkembangnya teknologi mempengaruhi kehidupan manusia yang saat ini memiliki ketergantungan pada internet. Lalu apa saja jaringan pendukung internet yang menjadi unsur dasar dalam kelancaran aktivitas berinternet tersebut?


Artikel Teknologi Komputer

Berdasarkan area kerja dan letak geografis jaringan komputer dibedakan menjadi :

1.    Local Area Network (LAN) 
Local Area Network (LAN), merupakan Jaringan privat sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusahaan / organisasi tersebut saja. Misalnya Jaringan yang ada dalam suatu ruangan atau dalam satu gedung / kampus / kantor. Areanya sekitar 100 M.

2.    Metropolitan Area Network (MAN) 
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya adalah Gabungan dari beberapa jaringan LAN dan ruang lingkupnya berada dalam satu lokasi / kota. Areanya bisa mencapai jarak 50 KM.Misalnya jaringan yang menghubungkan kantor dengan kantor atau gedung yang satu dengan gedung lain yang letaknya berjauhan tetapi masih berada dalam satu lokasi / kota. Teknologi yang biasa digunakan untuk membangun jaringan MAN antara lain ATM, FDDI, Metro Ethernet dan beberapa juga ada yang menggunakan wireless untuk koneksi antar gedung.

3.    Metropolitan Area Network (MAN) 
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya adalah Gabungan dari beberapa jaringan LAN dan ruang lingkupnya berada dalam satu lokasi / kota. Areanya bisa mencapai jarak 50 KM.Misalnya jaringan yang menghubungkan kantor dengan kantor atau gedung yang satu dengan gedung lain yang letaknya berjauhan tetapi masih berada dalam satu lokasi / kota. Teknologi yang biasa digunakan untuk membangun jaringan MAN antara lain ATM, FDDI, Metro Ethernet dan beberapa juga ada yang menggunakan wireless untuk koneksi antar gedung.

4.    Internet (interconnected networking) 
Internet (Interconnected-networking) merupakan satu kesatuan dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar protokol TCP/IP untuk melayani kebutuhan pengguna di seluruh dunia.Wilayah cakupan nya hampir sama dengan WAN tetapi memiliki perbedaan dari sisi fungsi seperti yang  telah dijelaskan di atas.

PERBEDAAN LAN, MAN,dan WAN Jika Anda bekerja dengan computer yang tidak berhubungan dengan komputer lain, maka Anda dikatakan bekerja secara Stand Alone. Jika komputer Anda berhubungan komputer dan peralatan lain, atau membentuk suatu grup, maka bentuk hubungan ini diistilahkan dengan jaringan atau network.


Berdasarkan fungsinya, Jaringan komputer terbagi menjadi :  
1.    Jaringan Client-Server 
Jaringan Client-server merupakan jaringan komputer yang didalamnya terdapat satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan ke setiap komputer client yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.
2.    Jaringan peer to peer 
Jaringan Peer to peer memungkinkan kita menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain tanpa perantara seperti switch. Dengan menggunakan media seperti kabel dan wireless, komputer yang satu dengan komputer yang lain bisa saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya.

Berdasarkan distribusi sumber informasi/data, jaringan komputer dibedakan menjadi : 
1. Jaringan Terpusat
Merupakan jaringan yang terdiri dari komputer client dan  komputer server  dimana client mengakses sumber informasi/data berupa file atau database yang berasal dari satu komputer server. 
2. Jaringan terdistribusi
Merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk sebuah sistem di dalam jaringan tersebut.
 
Berdasarkan media transmisi data, jaringan komputer di bedakan menjadi : 
1. Jaringan kabel (Wired network)
Merupakan jaringan komputer yang media transmisinya berupa kabel yang menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan. 
2. Jaringan Nirkabel (Wireless network)
Merupakan jaringan komputer yang media transmisinya berupa gelombang sebagai pengganti media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer / device kedalam jaringan.

Itulah sekilas penjelasan mengenai unsur-unsur jaringan pendukung internet sehingga mampu bekerja dengan canggih. Semoga bermanfaat. :)

6 comments:

Picnic locations in Delhi NCR said...

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written

Cool Places in Gurgaon said...

hat you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

Water Park in Delhi NCR said...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Start Business in Delhi said...

I don't know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

Anonymous said...

rtmp://push-tx.lvb.shopee.co.id/live/m

Anonymous said...

id-live-1605884066808832-53559782?txSecret=8f7973080ad54b5fd3ae7eeb88c8aef7&txTime=658A7660&pushDomain=push-tx.lvb.shopee.co.id&cdnID=TXCLOUD&session_id=53559782

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons