Tuesday, September 10, 2013

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar

Artikel Teknologi Komputer - Bagi sebagian orang yang baru belajar mengoperasikan komputer kadang merasa bingung bagaimana sih cara menghidupkan komputer dengan benar. Dengan mengikuti prosedur menghidupkan komputer dengan baik dan benar, maka hal-hal yang dapat menurunkan performa bahkan merusak komputer dapat dihindari. Karena apabila kita melakukan kesalahan walaupun sepele dalam memperlakukan komputer milik kita, maka dapat mengakibatkan komputer sering hang, loading menjadi lama, dapat merusak hardware, dan masaah-masalah lainnya.

Mari kita rubah kebiasaan hidup kita dengan menerapkan prosedur yang benar dalam memperlakukan komuter kita. Berikut ini adalah cara menghidupkan komputer dengan benar :



1. Pastikan semua kabel perangkat komputer Anda terpasang dengan benar.
2. Hubungkan kabel power ke stop kontak atau sumber listrik , kabelnya berwarna hitam kemudian ada colokannya menuju stop kontak listrik dan menuju ke stavolt, atau kalo dirumah tidak ada stavolt biasanya tegangan listriknya stabil jadi kita langsung tancapkan ke CPU. Saran saya pake stavolt atau UPS akan lebih aman dan tegangan serta arus listrik lebih stabil.Lihat gambar dibawah ini:
Artikel Teknologi Komputer
Cara Menghubungkan Kabel Power Ke stop Kontak
3. Tekan tombol warna merah pada stavolt, untuk menghidupkan stabilizer/stavolt jika ada.
4. Tekan tombol pada UPS untuk menghidupkan UPS jika ada, indicator lampu biasanya menyala.
5. Tekan tombol POWER untuk cpu komputer biasanya tombol indicator CPU hidup atau ada suara kipas berputar di dalam CPU berarti CPU Komputernya hidup.
Lihat Gambar dibawah ini:
Artikel Teknologi Komputer
Cara Menghidupkan CPU
6. Tekan tombol Monitor dengan menekan tombol powernya biasanya setelah ditekan lampu akan menyala.

Selanjutnya kita tunggu beberapa saat sampai komputer melakukan proses booting, yaitu proses pengecekan suatu komputer untuk mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU dll.
Setelah selesai muncul desktop, yaitu tampilan awal layar computer biasanya bertuliskan windows xp, windows vista, windows 7, windows 8 atau yang lainnya tergantung jenis Sistem Operasi yang dipakai, samapi muncul tampilan yang memunculkan wallpaper dan beberapa icon pada desktop komputer.
Lihat Gambar dibawah ini :
Artikel Teknologi Komputer
Komputer Siap Digunakan

Dengan mengerjakan langkah-langkah di atas secara berurutan, maka secara tidak langsung kita telah melakukan perawatan terhadap perangkat komputer, sehingga dapat menjaga keawetan dan performanya.

Demikian tips mengenai cara menghidupkan komputer dengan benar dari blog artikel teknologi komputer yang Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. ^_^

1 comments:

Unknown said...

Penegasan Ulang Nya Gimana Gan.?

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons