Wednesday, July 31, 2013

Perangkat Lunak Komputer (Software)

Artikel Teknologi Komputer
Artikel Teknologi Komputer - Jika pada artikel sebelumnya saya memposting mengenai perangkat keras komputer, sekarang saya ingin berbagi ilmu mengenai perangkat lunak komputer.

Software (perangkat lunak komputer),  merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.

Perangkat lunak atau piranti lunak (Software) juga dapat diartikan sebagai program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna computer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Perangkat lunak komputer (Software) terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

1. Sistem Operasi
Sistem Operasi; seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.  Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.

2. Program Utility
Program Utility; seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS  tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.


3. Program Aplikasi
Program Aplikasi; seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.

4, Program Paket
Program Paket; seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.

5. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman; PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.

Itulah beberapa perangkat lunak komputer (Software) yang kita butuhkan agar komputer yang kita miliki mampu bekerja secara optimal, karena tanpa software, komputer kita tidak memiliki manfaat apa-apa.

Demikian sedikit sharing dari blog Artikel Teknologi Komputer.

Semoga bermanfaat. Salam Berbagi Ilmu..

2 comments:

Anonymous said...

thank udah berbagi ilmunya, sangat menarik dan menambah wawasan buat saya..

Perangkat komputer said...

Ulasan yang bagus sob bermanfaat buat orang banyak dan tentunya setelah membaca artikel ini ilmu saya bertambah..

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons